Headlines News :
Home » » Kumpulan Soal Pedagogik 2 PPG Daljab 2021 Materi Karakteristik Peserta Didik

Kumpulan Soal Pedagogik 2 PPG Daljab 2021 Materi Karakteristik Peserta Didik

Written By Demi Yurfina on Friday, June 4, 2021 | 6:31 PM

 

Materi :

A.      Pengertian karakteristik peserta didik

B.      Ragam karakteristik peserta didik

C.      Manfaat mengenal karakteristik sebagai pijakan dalam pembelajaran

 

1.  1.  Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja.  Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:


A.      Media gambar

B.      Media benda nyata

C.      Media grafis

D.      Media poster

E.       Media cetak


Jawaban : B. Media benda nyata 


1. 2. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah   Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:


A.      Status Sosial

B.      Moral

C.      Etnik

D.      Minat

E.       Motivasi

 

Jawaban C. Etnik 

 

1.  3.Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:


A.      Minat

B.      Motivasi

C.      Etnik

D.      Kultural

E.       Status social


Jawaban : E. Status Social 


1.       4. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan  topik Tata Surya  melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:


A.      Kemampuan awalnya

B.      Motivasi belajarnya

C.      Perkembangan sosialnya

D.      Perkembangan emosinya

E.    Perkembangan motoriknya 


Jawaban : A. kemampuan awalnya

1.       5. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena  pertimbangan:


A.      Etnik peserta didik

B.      Gaya belajar peserta didik

C.      Gender peserta didik

D.      Minat peserta didik

E.       Kultural peserta didik  

 

Jawaban : D. Minat peserta didik

 

1.      6.  Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:


A.      Etnik

B.      Minat

C.      Gender

D.      Status social

E.       Kultural 

 

Jawaban : E. Kultural

 

 

1.       7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:


A.      Motivasi

B.      Kultural

C.      Sosial

D.      Status social

E.    Etnik 


Jawaban : A. Motivasi

 

 

1.      8.  Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:


A.      Akibat perbuatan

B.      Persetujuan orang lain

C.      Kontrak/imbal jasa

D.      Ketertiban social

E.    Hati Nurani

 

 Jawaban : Kontrak/imbal jasa



1.      9.  Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

A.      Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B.      Menggunakan program audio dan modul.

C.      Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D.      Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E.    Menggunakan modul dan Power Point 


Jawaban : D. Menggunakan media audio, video dan percobaan


 

1.      10.  Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A.      Meronce membuat kalung

B.      Menendang bola

C.      Memasang puzzle

D.      Mewarnai pola

E.       Menjiplak huruf

 

Jawaban : B. Menendang bola



Share this article :

0 Comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template