Materi :
A. Konsep dasar, rasional, ilmu Pendidikan
B. Landasan-landasan ilmu Pendidikan
C. Penerapan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan
1. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah
sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif
karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran….
A. Behavioristik
B. Perenialisme
C. Humanisme
D. Esesnialisme
E. Rekonstuksionisme
2. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....
A. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
B. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi
pada siapapun
C. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk
dalam negeri
D. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
E. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan
melibatkan peserta didiknya
3. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik
pendidikan adalah…
A. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
B. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian
pendidikan
C. Pak Andi sedang
mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta didiknya
D. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya
agar giat belajar
E. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
4. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia
(peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia
atau peserta didik adalah…
A. Manusia merupakan
makhluk otonom
B. Pribadi yang berkembang dan berakal
C. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
D. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
E. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
5. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu
manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah
A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga
memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap
perkembangan peserta didik
C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat
digunakan dalam situasi tertentu di kelas
D. Meningkatkan perkembangan
pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan
praktek pendidikan
E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku
di Indoensia terkait dengan pendidikan
6. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan
di Indonesia
adalah...
A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani”
B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psikologi
perkembangan peserta didik
C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar
sekolah dengan masyarakat
D. Guru mengajarkan mata
pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk
sekolah-sekolah negeri
7. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan
konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
A. Kurikulum dan silabus
B. Pancasila dan UUD 1945
C. Kerangka berfikir
D. Desain bangunan
E. Tujuan pendidikan
8. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas pekermbangan
peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada
landasan....
A. Psikologi pendidikan
B. Sosiologi pendidikan
C. Religi pendidikan
D. Ekonomi pendidikan
E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi
9. Sila pertama Pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu
pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
YME. Hal tersebut merupakan contoh
A. Landasan yuridis
B. Landasan psikologis
C. Landasan religius
D. Landasan sosilogis
E. Landasan historis
10. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang
tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang
ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
A. Hak dan kewajiban
B. Kejujuran dan toleransi
C. Gotong royong dan tangung jawab
D. Kedisiplinan dan tanggung
jawab
E. Kejujuran dan Tenggang rasa
Jawaban :
1. A
2. E
3. C
4. A
5. D
6. D
7. B
8. A
9. C
10. D
0 Comments:
Post a Comment