Headlines News :
Home » » Soal Pedagogik Modul 1 PPG Daljab 2020 : Teori Belajar

Soal Pedagogik Modul 1 PPG Daljab 2020 : Teori Belajar

Written By Demi Yurfina on Tuesday, June 8, 2021 | 5:07 AM

 Materi : 

A.      Teori belajar Behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran

B.      Teori belajar Kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran

C.      Teori belajar Konstruktivistik dan implikasinya dalam pembelajaran

D.      Teori belajar Humanistik dan implikasinya dalam pembelajaran

 

1.    Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….

A.      Kognitivistik

B.      Behavioristik

C.      Konstruktivistik

D.      Humanistik

E.       Rekonstruktivistik  

 

Jawaban : B. Behavioristik

 

 2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

A.      Conditioning

B.      Trial and error

C.      Shaping

D.      Konseptualisasi

E.       Stimulus respon 

Jawaban : B. Trial and Error

3. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….

A.      Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

B.      Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

C.      Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

D.      Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

E.       Memberikan penjelasan pengetahuan baru

 

 Jawaban : C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

 

4.  Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….

 

A.      Behavioristik

B.      Kognitivistik

C.      Konstruktivistik

D.      Humanistik

E.       Sibernetik

 

Jawaban: D. Humanistik

 

5.    Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….

 

A.      Behavioristik

B.      Kognitivistik

C.      Konstruktivistik

D.      Humanistik

E.       Sibernetik

 

Jawaban : C Konstruktivistik

 

 

6.  Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

A.      Enaktif

B.      Intuitif

C.      Ikonik

D.      Simbolik

E.       Konflik

 

Jawaban :  C. Ikonik



7.    Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

A.      Mampu memecahkan masalah

B.      Mampu membuat peraturan

C.      Mampu memahami sebuah kejadian

D.      Mampu mengalami sebuah kejadian

E.       Mampu memahami permasalahan 

 

Jawaban : A. Mampu memecahkan masalah

 

8.    Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A.      Kemampuan berkomunikasi

B.      Kemampuan untuk memecahkan masalah

C.      Kemampuan berinteraksi

D.      Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

E.       Kemampuan mengemukakan pendapat

 

Jawaban : B.  Kemampuan untuk memecahkan masalah

 

9.    Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….


A.      Belajar teknis

B.      Belajar praktis

C.      Belajar aktif

D.      Belajar emansipatoris

E.       Belajar konsep  

 

Jawaban : C. Belajar aktif

 

10.       Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.      Kognitivistik

B.      Humanistic

C.      Behavioristik

D.      Konstruktivistik

E.       Sibernetik 

 

Jawaban : D. Konstruktivistik

 

 

 

 

 

Share this article :

0 Comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template