Headlines News :
Home » » MATERI 4 P5 KEWIRAUSAHAAN

MATERI 4 P5 KEWIRAUSAHAAN

Written By Demi Yurfina on Wednesday, November 6, 2024 | 3:03 AM

 MATERI HARI KE-4

Strategi Promosi Kreatif, Cara, Ide, dan Contoh Ampuh yang Bisa Diterapkan

 

Apa itu Promosi Kreatif?

Secara garis besar, promosi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada pelanggan atau penggunanya.

Pada prakteknya, kegiatan promosi digunakan sebagai salah satu aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa sehingga bisa menarik atau mendatangkan pelanggan untuk membeli.

Kegiatan promosi juga bisa diartikan sebagai cara mengiklankan suatu produk atau merek untuk menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas dari produk tersebut.

Sedangkan promosi kreatif adalah rangkaian kegiatan promosi yang dilakukan secara kreatif. Artinya, perusahaan harus melakukan kegiatan promosi yang disesuaikan dengan target pelanggannya.

Tujuan Promosi Kreatif Dilakukan

 

Berikut beberapa tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan:

 

1. Menarik Perhatian Pembeli

Tujuan dari strategi promosi kreatif yang pertama adalah untuk menarik perhatian pembeli. Artinya, Anda bisa mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa.

Hal yang diharapkan adalah setelah melihat kalimat atau desain promosi kreatif yang Anda buat, para pembeli yang tadinya tidak ada niat untuk membeli, jadi berubah pikiran untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan.

2. Branding

Branding juga merupakan salah satu tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan. Kegiatan promosi dilakukan untuk menciptakan citra atau kesan produk atau jasa di benak pelanggan.

Dalam hal ini, tentu harus menggunakan ide promosi kreatif yang menarik untuk dapat mengenalkan brand. Usahakan untuk menggunakan jenis promosi yang berbeda dengan pesaing

3. Bersaing dengan Kompetitor dan Meningkatkan Keuntungan

Tujuan dari strategi promosi kreatif berikutnya adalah untuk bersaing dengan kompetitor. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga pemasukan perusahaan tetap stabil meskipun memiliki banyak pesaing.

Tidak hanya itu, kegiatan contoh promosi kreatif juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Kedua hal ini berhubungan satu sama lain. Jika perusahaan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, maka hal ini membuktikan bahwa Anda mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.

4. Mendapatkan Calon Pelanggan Baru dan Menyebarkan Informasi

Satu lagi tujuan strategi promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan, yaitu untuk mendapatkan calon pelanggan dan menyebarkan informasi. Ketika Anda melakukan kegiatan promosi, hal yang Anda harapkan adalah untuk mendapatkan banyak pelanggan tetapi juga tetap mempertahankan pelanggan setia.

Selain itu, salah satu tujuan kegiatan promosi kreatif adalah untuk menyebarkan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa yang baru saja dipasarkan. Informasi yang anda berikan bisa berupa penawaran harga khusus, hingga potongan harga untuk produk atau jasa baru tersebut.

Apa Saja Jenis Kegiatan Promosi?

Berikut beberapa bentuk jenis kegiatan contoh promosi kreatif yang bisa Anda lakukan:

1. Promosi Fisik

Kegiatan contoh promosi kreatif yang pertama adalah promosi fisik. Jenis kegiatan promosi ini bisa dilakukan di sebuah acara atau kegiatan tertentu. Misalnya seperti pameran, konser, dan lainnya.

Di acara tersebut Anda bisa membuka booth untuk melakukan penawaran dan promosi kepada pengunjung yang datang. Kelebihan dari contoh promosi kreatif ini adalah Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hanya saja jumlah pelanggan yang terbatas menjadi kekurangannya.

2. Promosi Menggunakan Media

Promosi dengan menggunakan media masih menjadi salah satu contoh promosi kreatif yang efektif sampai saat ini. Banyak brand besar yang melakukan promosi dengan menggunakan media. Seperti, media cetak, tv, banner, baliho, dan media lainnya.

Kelebihan strategi promosi kreatif ini adalah dapat menjangkau banyak pelanggan dengan jangka waktu yang lama. Sedangkan kekurangannya adalah dari segi biaya promosi yang harus dikeluarkan.

Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk melakukan promosi di media. Namun jika perusahaan Anda menyanggupi untuk mengeluarkan budget besar, maka tidak ada salahnya untuk melakukan promosi dengan menggunakan media.

3. Promosi Menggunakan Media Digital

Perkembangan teknologi juga memiliki peran dalam kegiatan contoh promosi kreatif saat ini. Pasalnya, banyak brand besar dan ternama yang juga melakukan promosi dengan menggunakan media digital.

Seperti media sosial, iklan di situs tertentu, iklan di search engine, dan lainnya. Tahukah Anda bahwa, kini banyak perusahaan yang melakukan contoh promosi kreatif mereka di media digital?

Kelebihan promosi kreatif dengan media digital adalah bisa menjangkau target dengan luas dan banyak, cepat, dan mudah. Namun Anda harus stay up to date dengan tren yang berkembang dan membuat promosi semenarik mungkin untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Cara Membuat Naskah Promosi Kreatif yang Ampuh

Berikut beberapa cara membuat naskah promosi yang perlu Anda perhatikan:

1. Buat Kalimat Awal yang Menarik

Cara membuat naskah promosi yang pertama adalah dengan membuatlah kalimat awal yang menarik. Kata-kata promosi produk yang Anda buat haruslah berisikan kalimat yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli.

Misalnya Anda menjual produk kecantikan, maka kalimat awal pada kata-kata promosi produk kecantikan haruslah yang menjelaskan produk tersebut. Sesuaikan kata-kata promosi yang Anda buat dengan produk yang dipasarkan pada contoh promosi kreatif.

2. Gunakan Kata-kata Ajaib

Cara membuat naskah selanjutnya adalah dengan menggunakan kata-kata ajaib dalam contoh promosi kreatif. Misalnya seperti “asli”, “eksklusif”, “terlengkap”, “satu-satunya”, “termurah”, “instan”, dan lainnya.

Kata-kata ajaib tersebut diklaim bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengecek produk yang Anda jual.

3. Gunakan Diksi yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan diksi yang tepat dalam contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi ini bertujuan agar Anda bisa menyesuaikan pemilihan kata yang tepat untuk digunakan pada pelanggan.

Misalkan, produk yang Anda jual adalah mainan anak-anak, maka gunakanlah kata-kata promosi produk yang ramah anak dan mudah dimengerti. Lalu jika target pelanggan Anda adalah remaja, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi yang kekinian dan sesuai dengan tren yang ada.

4. Berikan Diskon dan Promosi Lainnya

Diskon dan promosi produk masih menjadi incaran para pelanggan dan menjadi salah satu contoh promosi kreatif yang tidak asing. Maka dari itu, dalam cara membuat naskah promosi sebaiknya Anda menyertakan diskon dan promosi lainnya dalam kata-kata promosi produk.

Anda bisa memilih bentuk diskon dan promosi yang digunakan. Mulai dari potongan harga, cashbackbuy one get one, dan lain-lain.

5. Jual Manfaat dan Kandungan Produk

Anda juga bisa menjual manfaat dan kandungan produk di setiap contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi adalah dengan menunjukan apa yang menjadi keunggulan dari produk yang dipasarkan beserta kandungannya

6. Kalimat Penutup yang Bisa Membuat Pelanggan Tertarik

Satu lagi cara membuat naskah promosi, yaitu dengan menggunakan kalimat penutup yang bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Namun pastikan kata-kata tersebut tidak berkesan ‘memaksa’ pelanggan untuk membeli, ya!

isalnya “kapan lagi punya produk ini di rumah Anda?” atau “penawaran terbatas untuk kamu yang beli khusus hari ini”, dan lain-lain.

Contoh Promosi Kreatif yang Dapat Dilakukan

Flash Sale

Menjual produk dengan harga murah dan cepat, namun juga dibatasi waktu biasa dikenal dengan flash sale. Iklan atau promosi yang satu ini cukup sering ditawarkan para pebisnis online. Hal ini tampak sama dengan diskon, namun jumlah produk yang ditawarkannya terbatas. Bahkan waktu penjualan juga dibatasi dan tidak lebih dari satu hari. Promosi tersebut diklaim dapat membuat pelanggan mengingat, mengenali, hingga terbayang-bayang si barang. Selain itu, juga merasa tertantang untuk mencoba memilikinya.

 

 

Cashback

Contoh promosi kreatif lainnya yakni dengan memberikan cashback. Penawaran pengembalian uang bagi pelanggan yang membeli produk secara cash atau ketentuan lainnya. Umumnya cashback yang berupa uang tunai atau voucher yang diberikan kepada pelanggan.

Misalnya seperti brand make up yang memberikan promo cashback hingga 15 persen. Bahkan adanya cashback hingga Rp75 ribu dengan belanja minimal Rp 300 ribu. Pelanggan yang membeli produk seharga Rp300 ribu, maka akan mendapatkan cashback sebesar Rp75 ribu. Meskipun pelanggan lainnya belanja hingga jutaan rupiah, maksimal cashback yang didapat hanya Rp75 ribu.

 

Diskon

Diskon atau yang biasa disebut dengan potongan harga. Tentunya menjadi keuntungan yang didapat pelanggan, saat melakukan pembelian produk dengan adanya pengurangan harga. Pemberian diskon pada saat itu juga, artinya saat melakukan pembayaran. Sebenarnya dapat dikatakan sebagai permainan harga, sebelum memberikan diskon harga asli produknya akan dinaikkan terlebih dahulu

 

Buy 1 Get 1

Buy 1 Get 1 ini juga menjadi salah satu contoh promosi kreatif lainnya. Promosi dengan cara ini, maka dijamin akan menarik perhatian pelanggan. Utamanya apabila barang yang dijual banyak diincar oleh para pelanggan. Pada promosi ini, penjual akan memberi barang secara cuma-cuma kepada para pembelinya. Bahkan cara ini dianggap lebih menguntungkan pelanggan dibanding promosi dengan diskon dan cashback.

 

Gift Box

Saat pelanggan membeli sebuah produk, kemudian mendapatkan box hadiah berisi produk lain. Tentunya memang seperti itu konsep dari gift box bekerja. Biasanya hadiah disesuaikan dengan produk yang dibeli atau masih ada kaitannya satu sama lain.

Misalnya, menjual produk smartphone, saat membeli secara cash akan mendapatkan hadiah power bank. Umumnya produk yang menjadi hadiah adalah barang dengan stok banyak atau kurang laku di pasaran.

Contoh Kalimat Promosi Makanan Menarik

·       Kamu nanya enaknya sarapan apa? Langsung coba (nama produk kamu) aja!

·       Butuh yang pedes-pedes? (nama produk kamu) jawabannya! Rasanya nagih pedesnya nampol!

·       Rasakan gurihnya ayam crispy dengan pilihan saus beragam dari (nama produk kamu). Dijamin ketagihan!

·       Jangan ngaku anak gaul kalo belum coba (nama produk kamu)! Cek akun Instagram kita sekarang juga!

·       Dompetmu kering? Cobain (nama produk kamu) biar tenggorokan gak ikut kering!

·       Cobain kopi (nama produk kamu), biar me-time semakin asik!

·       Buruan dapetin sekarang! Es cream manis dengan topping almond premium hanya dari (nama produk kamu).

·       MURMER! Dapatkan es teh segar (nama produk kamu) mulai dari Rp 3.000.
Pengen minum yang anget-anget? Cek outlet kami sekarang juga!

·       Lagi lemes bestie? Nih, coba (nama produk kamu) biar seger lagi!

·       Panas keringetan bikin badmood? Cobain (nama produk kamu) buat balikin mood mu baik lagi!

·       Cuma di sini kamu bisa mendapatkan mie ayam yang lembut di setiap tarikannya. Ayamnya banyak dan empuk.

Referensi

https://www.kitalulus.com/blog/bisnis/strategi-promosi-kreatif-dan-contohnya/

https://bigevo.com/blog/detail/contoh-promosi-kreatif

https://food.detik.com/info-kuliner/d-7154929/60-contoh-kalimat-promosi-makanan-di-sosmed-agar-menarik-konsumen

 

Share this article :

0 Comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template