MATERI HARI KE-4
Strategi Promosi
Kreatif, Cara, Ide, dan Contoh Ampuh yang Bisa Diterapkan
Apa itu Promosi Kreatif?
Secara garis besar, promosi
merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk,
merek, atau layanan kepada pelanggan atau penggunanya.
Pada prakteknya, kegiatan promosi
digunakan sebagai salah satu aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan
suatu produk atau jasa sehingga bisa menarik atau
mendatangkan pelanggan untuk membeli.
Kegiatan promosi juga bisa diartikan
sebagai cara mengiklankan suatu produk atau merek untuk menghasilkan penjualan
dan menciptakan loyalitas dari produk tersebut.
Sedangkan promosi kreatif adalah
rangkaian kegiatan promosi yang dilakukan secara kreatif. Artinya, perusahaan
harus melakukan kegiatan promosi yang disesuaikan dengan target pelanggannya.
Tujuan Promosi Kreatif Dilakukan
Berikut beberapa
tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan:
1. Menarik Perhatian Pembeli
Tujuan dari strategi promosi kreatif
yang pertama adalah untuk menarik perhatian pembeli. Artinya, Anda
bisa mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli
terhadap suatu barang atau jasa.
Hal yang diharapkan adalah setelah
melihat kalimat atau desain promosi kreatif yang Anda buat, para pembeli yang
tadinya tidak ada niat untuk membeli, jadi berubah pikiran untuk membeli produk
atau jasa yang dipromosikan.
2. Branding
Branding juga
merupakan salah satu tujuan promosi kreatif yang perlu Anda perhatikan.
Kegiatan promosi dilakukan untuk menciptakan citra atau kesan produk atau jasa
di benak pelanggan.
Dalam hal ini, tentu harus
menggunakan ide promosi kreatif yang menarik untuk dapat mengenalkan brand.
Usahakan untuk menggunakan jenis promosi yang berbeda dengan pesaing
3. Bersaing dengan Kompetitor dan Meningkatkan
Keuntungan
Tujuan dari strategi promosi kreatif
berikutnya adalah untuk bersaing dengan kompetitor.
Hal ini dilakukan agar bisa menjaga pemasukan perusahaan tetap stabil meskipun
memiliki banyak pesaing.
Tidak hanya itu, kegiatan contoh
promosi kreatif juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan
sebanyak-banyaknya. Kedua hal ini berhubungan satu sama lain. Jika perusahaan
Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, maka hal ini membuktikan bahwa
Anda mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.
4. Mendapatkan Calon Pelanggan Baru dan Menyebarkan
Informasi
Satu lagi tujuan strategi promosi
kreatif yang perlu Anda perhatikan, yaitu untuk mendapatkan
calon pelanggan dan menyebarkan informasi. Ketika Anda
melakukan kegiatan promosi, hal yang Anda harapkan adalah untuk mendapatkan
banyak pelanggan tetapi juga tetap mempertahankan pelanggan setia.
Selain itu, salah satu tujuan
kegiatan promosi kreatif adalah untuk menyebarkan informasi kepada para
pelanggan terkait produk atau jasa yang baru saja dipasarkan. Informasi yang
anda berikan bisa berupa penawaran harga khusus, hingga potongan harga untuk
produk atau jasa baru tersebut.
Apa
Saja Jenis Kegiatan Promosi?
Berikut beberapa bentuk jenis kegiatan contoh promosi
kreatif yang bisa Anda lakukan:
1. Promosi
Fisik
Kegiatan contoh promosi kreatif yang
pertama adalah promosi fisik. Jenis kegiatan promosi ini bisa dilakukan di
sebuah acara atau kegiatan tertentu. Misalnya seperti pameran, konser, dan
lainnya.
Di acara tersebut Anda bisa
membuka booth untuk melakukan penawaran
dan promosi kepada pengunjung yang datang. Kelebihan dari contoh promosi
kreatif ini adalah Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hanya saja
jumlah pelanggan yang terbatas menjadi kekurangannya.
2. Promosi
Menggunakan Media
Promosi dengan menggunakan media
masih menjadi salah satu contoh promosi kreatif yang efektif sampai saat ini.
Banyak brand besar yang
melakukan promosi dengan menggunakan media. Seperti, media cetak, tv, banner,
baliho, dan media lainnya.
Kelebihan strategi promosi kreatif
ini adalah dapat menjangkau banyak pelanggan dengan jangka waktu yang lama.
Sedangkan kekurangannya adalah dari segi biaya promosi yang harus dikeluarkan.
Anda harus mengeluarkan budget ekstra
untuk melakukan promosi di media. Namun jika perusahaan Anda menyanggupi untuk
mengeluarkan budget besar, maka tidak
ada salahnya untuk melakukan promosi dengan menggunakan media.
3. Promosi
Menggunakan Media Digital
Perkembangan teknologi juga memiliki
peran dalam kegiatan contoh promosi kreatif saat ini. Pasalnya, banyak brand besar
dan ternama yang juga melakukan promosi dengan menggunakan media digital.
Seperti media sosial, iklan di situs
tertentu, iklan di search engine, dan lainnya.
Tahukah Anda bahwa, kini banyak perusahaan yang melakukan contoh promosi
kreatif mereka di media digital?
Kelebihan promosi kreatif dengan
media digital adalah bisa menjangkau target dengan luas dan banyak, cepat, dan
mudah. Namun Anda harus stay up to date dengan
tren yang berkembang dan membuat promosi semenarik mungkin untuk bisa bersaing
dengan kompetitor lainnya.
Cara
Membuat Naskah Promosi Kreatif yang Ampuh
Berikut
beberapa cara membuat naskah promosi yang perlu Anda perhatikan:
1. Buat
Kalimat Awal yang Menarik
Cara membuat naskah promosi yang
pertama adalah dengan membuatlah kalimat awal yang menarik. Kata-kata promosi
produk yang Anda buat haruslah berisikan kalimat yang bisa membuat orang
tertarik untuk membeli.
Misalnya Anda menjual produk
kecantikan, maka kalimat awal pada kata-kata promosi produk kecantikan haruslah
yang menjelaskan produk tersebut. Sesuaikan kata-kata promosi yang Anda buat
dengan produk yang dipasarkan pada contoh promosi kreatif.
2. Gunakan
Kata-kata Ajaib
Cara membuat naskah selanjutnya
adalah dengan menggunakan kata-kata ajaib dalam contoh promosi kreatif.
Misalnya seperti “asli”, “eksklusif”, “terlengkap”, “satu-satunya”, “termurah”,
“instan”, dan lainnya.
Kata-kata ajaib tersebut diklaim
bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengecek produk yang Anda jual.
3. Gunakan
Diksi yang Tepat
Pastikan Anda menggunakan diksi yang
tepat dalam contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi ini bertujuan
agar Anda bisa menyesuaikan pemilihan kata yang tepat untuk digunakan pada
pelanggan.
Misalkan, produk yang Anda jual
adalah mainan anak-anak, maka gunakanlah kata-kata promosi produk yang ramah
anak dan mudah dimengerti. Lalu jika target pelanggan Anda adalah remaja, Anda
bisa menggunakan kata-kata promosi yang kekinian dan sesuai dengan tren yang
ada.
4. Berikan
Diskon dan Promosi Lainnya
Diskon dan promosi produk masih
menjadi incaran para pelanggan dan menjadi salah satu contoh promosi kreatif
yang tidak asing. Maka dari itu, dalam cara membuat naskah promosi sebaiknya
Anda menyertakan diskon dan promosi lainnya dalam kata-kata promosi produk.
Anda bisa memilih bentuk diskon dan
promosi yang digunakan. Mulai dari potongan harga, cashback, buy
one get one, dan lain-lain.
5. Jual
Manfaat dan Kandungan Produk
Anda juga bisa menjual manfaat dan
kandungan produk di setiap contoh promosi kreatif. Cara membuat naskah promosi
adalah dengan menunjukan apa yang menjadi keunggulan dari produk yang
dipasarkan beserta kandungannya
6. Kalimat
Penutup yang Bisa Membuat Pelanggan Tertarik
Satu lagi cara membuat naskah
promosi, yaitu dengan menggunakan kalimat penutup yang bisa membuat pelanggan
tertarik untuk membeli. Namun pastikan kata-kata tersebut tidak berkesan
‘memaksa’ pelanggan untuk membeli, ya!
isalnya “kapan lagi punya produk ini
di rumah Anda?” atau “penawaran terbatas untuk kamu yang beli khusus hari ini”,
dan lain-lain.
Contoh Promosi Kreatif yang Dapat Dilakukan
Flash Sale
Menjual produk
dengan harga murah dan cepat, namun juga dibatasi waktu biasa dikenal dengan
flash sale. Iklan atau promosi yang satu ini cukup sering ditawarkan para
pebisnis online. Hal ini tampak sama dengan diskon, namun jumlah produk yang
ditawarkannya terbatas. Bahkan waktu penjualan juga dibatasi dan tidak lebih
dari satu hari. Promosi tersebut diklaim dapat membuat pelanggan mengingat,
mengenali, hingga terbayang-bayang si barang. Selain itu, juga merasa
tertantang untuk mencoba memilikinya.
Cashback
Contoh promosi
kreatif lainnya yakni dengan memberikan cashback. Penawaran pengembalian uang
bagi pelanggan yang membeli produk secara cash atau ketentuan lainnya. Umumnya
cashback yang berupa uang tunai atau voucher yang diberikan kepada pelanggan.
Misalnya seperti
brand make up yang memberikan promo cashback hingga 15 persen. Bahkan adanya
cashback hingga Rp75 ribu dengan belanja minimal Rp 300 ribu. Pelanggan yang
membeli produk seharga Rp300 ribu, maka akan mendapatkan cashback sebesar Rp75
ribu. Meskipun pelanggan lainnya belanja hingga jutaan rupiah, maksimal
cashback yang didapat hanya Rp75 ribu.
Diskon
Diskon atau yang
biasa disebut dengan potongan harga. Tentunya menjadi keuntungan yang didapat
pelanggan, saat melakukan pembelian produk dengan adanya pengurangan harga.
Pemberian diskon pada saat itu juga, artinya saat melakukan pembayaran.
Sebenarnya dapat dikatakan sebagai permainan harga, sebelum memberikan diskon
harga asli produknya akan dinaikkan terlebih dahulu
Buy 1 Get 1
Buy 1 Get 1 ini
juga menjadi salah satu contoh promosi kreatif lainnya. Promosi dengan cara
ini, maka dijamin akan menarik perhatian pelanggan. Utamanya apabila barang
yang dijual banyak diincar oleh para pelanggan. Pada promosi ini, penjual akan
memberi barang secara cuma-cuma kepada para pembelinya. Bahkan cara ini
dianggap lebih menguntungkan pelanggan dibanding promosi dengan diskon dan
cashback.
Gift Box
Saat pelanggan
membeli sebuah produk, kemudian mendapatkan box hadiah berisi produk lain.
Tentunya memang seperti itu konsep dari gift box bekerja. Biasanya hadiah
disesuaikan dengan produk yang dibeli atau masih ada kaitannya satu sama lain.
Misalnya, menjual produk smartphone, saat membeli secara
cash akan mendapatkan hadiah power bank. Umumnya produk yang menjadi hadiah
adalah barang dengan stok banyak atau kurang laku di pasaran.
Contoh Kalimat Promosi Makanan Menarik
· Kamu nanya enaknya sarapan apa? Langsung coba (nama produk kamu) aja!
· Butuh yang pedes-pedes? (nama produk kamu) jawabannya! Rasanya nagih
pedesnya nampol!
· Rasakan gurihnya ayam crispy dengan pilihan saus beragam dari (nama
produk kamu). Dijamin ketagihan!
· Jangan ngaku anak gaul kalo belum coba (nama produk kamu)! Cek akun
Instagram kita sekarang juga!
· Dompetmu kering? Cobain (nama produk kamu) biar tenggorokan gak ikut
kering!
· Cobain kopi (nama produk kamu), biar me-time semakin asik!
· Buruan dapetin sekarang! Es cream manis dengan topping almond premium
hanya dari (nama produk kamu).
· MURMER! Dapatkan es teh segar (nama produk kamu) mulai dari Rp 3.000.
Pengen minum yang anget-anget? Cek outlet kami
sekarang juga!
· Lagi lemes bestie? Nih, coba (nama produk kamu) biar seger lagi!
· Panas keringetan bikin badmood? Cobain (nama produk kamu) buat balikin
mood mu baik lagi!
· Cuma di sini kamu bisa mendapatkan mie ayam yang lembut di setiap
tarikannya. Ayamnya banyak dan empuk.
Referensi
https://www.kitalulus.com/blog/bisnis/strategi-promosi-kreatif-dan-contohnya/
https://bigevo.com/blog/detail/contoh-promosi-kreatif
0 Comments:
Post a Comment