Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini
(Demi Yurfina, S.Pd)
Kemajuan
dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) khususnya Teknologi
Informasi dan Komunikasi dewasa ini berkembang pesat. Perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang
kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan faktor
kunci dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, sangatlah dibutuhkan untuk masa depan bangsa ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
merupakan sebuah tantangan besar bagi
dunia pendidikan kita saat ini. Jika kita tidak proaktif maka pendidikan kita akan jauh
tertinggal dan kita tidak akan mampu mengikuti perubahan dunia yang begitu cepat. Oleh sebab itu, tidak ada jalan lain bagi dunia pendidikan kita, semangat penguasaan teknologi dan informasi harus dikobarkan.
Image from freeimages.com
Oleh sebab itu, membekali diri dan
meningkatkan kompetensi akan penguasaan teknologi informasi merupakan sebuah
tuntutan yang tidak bisa dihindarkan. Implementasi kurikulum 2013 saat ini
yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam pembelajaran mengharuskan guru
dan peserta didik melek IT. Melek IT artinya peserta didik dan guru aktif
terlibat dalam proses belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi, tidak
hanya sebatas mengetahui saja, namun juga dapat merancang media pembelajaran berbasis IT yang
bermanfaat dalam dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar,
sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif dan
menyenangkan.
Apa urgensi nya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran?
Pada
era perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, paradigma
pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran
berbasis digital. Perubahan sumber dan bahan ajar dari tradisional seperti
penggunaan papan tulis dan spidol, berganti dengan penggunaan media seperti Notebook, LCD Projector dan sebagainya. Printed material seperti buku, modul dan lembar kerja siswa berganti dengan e-book, YouTube dan situs situs internet. Metode pembelajaran konvensional melalui metode ceramah di depan kelas berganti dengan pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan fasilitas seperti e-mail, aplikasi Android melalui gadget dan HP, multimedia interaktif dan lain lain.
Keterampilan dalam pemanfaatan TIK merupakan kecakapan hidup (life skill) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang tidak memiliki kecakapan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi akan mengalami kesulitan untuk bersaing di era globalisasi yang serba kompetitif. Menghadapi perkembangan teknologi yang demikian cepat dan pesat, peserta didik perlu dipersiapkan agar memiliki keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Dan peran seorang guru sangat krusial dalam hal ini, untuk itu guru juga harus membekali diri dengan penguasaan teknologi informasi. Siswa yang cakap dan terampil tentunya dihasilkan oleh para pendidik yang juga terampil dan selalu mengupgrade kompetensinya.
Keterampilan dalam pemanfaatan TIK merupakan kecakapan hidup (life skill) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang tidak memiliki kecakapan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi akan mengalami kesulitan untuk bersaing di era globalisasi yang serba kompetitif. Menghadapi perkembangan teknologi yang demikian cepat dan pesat, peserta didik perlu dipersiapkan agar memiliki keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Dan peran seorang guru sangat krusial dalam hal ini, untuk itu guru juga harus membekali diri dengan penguasaan teknologi informasi. Siswa yang cakap dan terampil tentunya dihasilkan oleh para pendidik yang juga terampil dan selalu mengupgrade kompetensinya.
Peran
teknologi dalam dunia pendidikan antara lain berkembangnya pembelajaran
elektronik (e-learning), buku elektronik (e-book), kelas online, diskusi
online, memfasilitasi terbangunnya
sistem tutorial bagi pendidikan jarak jauh, digital library, pembelajaran
berbasis komputer. Terdapat beberapa jenis teknologi informasi yang dapat
digunakan dalam pembelajaran seperti e-mail (surat electronic), mobile phone,
kamera digital, MP3 player, website, blogging, search engine dan lain-lain. Dalam
proses pembelajaran saat ini telah banyak berkembang berbagai model
pembelajaran berbasis IT seperti CBT (Computer Based Test), CBI (Computer Based
Instruction, Distance Learning, LCC (Learner-Centered Classroom),
Teleconference dan sebagainya.
Image from freeimages.com
Namun perlu diketahui bahwa pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam pembelajaran tidaklah semudah membalikkan telapak
tangan. Hambatan akan selalu dijumpai, kendala akan selalu kita temui.
Diperlukan beberapa hal agar terwujudnya pemanfaatan TIK yang optimal,
diantaranya: adanya akses internet yang memadai para untuk guru dan siswa
di sekolah, materi belajar,
dan motivasi dari para guru untuk proaktif, memiliki semangat yang tinggi
untuk belajar dan meningkatkan kompetensi akan penguasaan teknologi informasi
agar tidak menjadi guru yang gagap teknologi. Ada banyak cara yang bisa
dilakukan oleh para guru untuk peningkatan kompetensi ini misalnya dengan
mengikuti pelatihan, workshop, seminar yang
bisa diikuti guru baik secara
tatap muka maupun secara online, bergabung dengan komunitas guru-guru
yang memiliki passion yang tinggi akan IT seperti guru melek IT, guru Era
Baru, guru Dahsyat dan lain lain
sebagai sarana untuk saling berbagi informasi, berbagi ilmu, sehingga para guru
bisa setiap saat bertambah ilmu dan mendapatkan informasi terbaru tentang metode dan
media pembelajaran yang bisa diterapkan di kelasnya masing-masing.
Urgensi Teknologi Informasi dalam pembelajaran masa kini adalah sebagai berikut:
1. Teknologi Informasi adalah life skill (kecakapan hidup) yang harus dikuasai di era globalisasi ini.
2. Teknologi informasi sebagai sumber bahan ajar, referensi belajar, dan sumber informasi bagi para siswa dan guru sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat menggali informasi dari beragam sumber.
3. Teknologi Informasi memudahkan proses pembelajaran yang dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja.
Namun bak pisau bermata dua perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan
kita. Selain dampak positif seperti yang
disebutkan, tentunya ada dampak negatif yang ditimbulkan, yang sangat
mengkhawatirkan dan meresahkan apabila tidak disikapi secara bijak dan
berhati-hati, diantaranya, maraknya pornografi, penipuan, tindakan
kekerasan, cyber crime, cyber bully, dan lain lain.
Dengan demikian, guru dalam menjalankan fungsinya sebagai pendidik
haruslah mengarahkan peserta didik dalam penggunaan media IT secara bijak
berinternet secara sehat dalam mewaspadai dampak buruk akan ditimbulkan oleh kemajuan
teknologi. “ Be achiever by using
technology, we must be a wise
user” perlu disosialisasikan kepada para siswa di sekolah agar mereka
memanfaatkan perkembangan teknologi secara baik untuk kemajuan, sebagai sumber
referensi belajar, sarana memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan,
memperkaya informasi yang bermanfaat sehingga dapat meningkatkan
kompetensi peserta didik agar nantinya mampu bersaing dalam menghadapi derasnya
arus globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi.
“Artikel
ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”
0 Comments:
Post a Comment