1. Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut merupakan cara pandang guru abad 21 tentang pembelajaran abad 21 yang paling tepat adalah …
a. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif
b. Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten
c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
d. Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon
e. Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif
Jawaban : c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
2. Memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogib. Kepribadianc. Sosiald. Profesionale. Semua benar
Jawaban : a. Pedagogi
3. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Intelektual
Jawaban : b. Kepribadian
4. Berkomunikasi dengan orang tua
peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta
mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran guna
mengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
b. Humanis
Jawaban : Sosial
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Profesional
e. Intelektual
Jawaban : Profesional
6 . Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Berkomunikasi pada peserta didik
Jawaban : B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
7. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap
karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Melakukan
tindakan reflektif
e. Penyelenggaraan
pembelajaran yang mendidik
Jawaban : d. Melakukan tindakan reflektif
8. Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didikb. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaranc. Pengembangan kurikulumd. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidike. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
Jawaban : e. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
9. Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali…
a. Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
Jawaban : b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
10. Indikator guru mampu memanfaatkan
hasil penilaian dan evaluasi yang dapat mempengaruhi kebijakan adalah …
a. Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampub. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajarc. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaand. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingane. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Jawaban : d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
0 Comments:
Post a Comment