Headlines News :
Home » » Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Written By Demi Yurfina on Selasa, 16 Mei 2017 | 20.03

Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini
(Demi Yurfina, S.Pd)

Kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dewasa ini berkembang pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan faktor kunci dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, sangatlah dibutuhkan untuk masa depan bangsa ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah  tantangan besar bagi dunia pendidikan kita saat ini. Jika kita tidak  proaktif maka pendidikan kita akan jauh tertinggal dan kita tidak akan mampu mengikuti perubahan dunia yang begitu cepat. Oleh sebab itu, tidak ada jalan lain bagi dunia pendidikan kita, semangat penguasaan teknologi dan informasi harus dikobarkan.



                                            Image from freeimages.com

Oleh sebab itu, membekali diri dan meningkatkan kompetensi akan penguasaan teknologi informasi merupakan sebuah tuntutan yang tidak bisa dihindarkan. Implementasi kurikulum 2013 saat ini yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam pembelajaran mengharuskan  guru dan peserta didik melek IT.  Melek IT artinya peserta didik dan guru aktif terlibat dalam proses belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi, tidak hanya sebatas mengetahui saja, namun juga dapat merancang  media pembelajaran  berbasis IT yang bermanfaat dalam dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. 

Apa urgensi nya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran?

Pada era perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, paradigma pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran berbasis digital. Perubahan sumber dan bahan ajar dari tradisional seperti penggunaan papan tulis dan spidol,     berganti dengan penggunaan media seperti Notebook, LCD Projector dan sebagainya. Printed material seperti buku, modul dan lembar kerja siswa berganti dengan e-book, YouTube dan situs situs internet. Metode pembelajaran konvensional melalui metode ceramah di depan kelas berganti dengan pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan fasilitas seperti e-mail, aplikasi Android  melalui gadget dan HP, multimedia interaktif dan lain lain. 

          Keterampilan dalam  pemanfaatan TIK merupakan kecakapan hidup (life skill) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang tidak memiliki kecakapan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi akan mengalami kesulitan untuk bersaing di era globalisasi yang serba kompetitif.  Menghadapi perkembangan teknologi yang demikian cepat dan pesat, peserta didik perlu dipersiapkan agar memiliki keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Dan peran seorang guru sangat krusial dalam hal ini, untuk itu guru juga harus membekali diri dengan penguasaan teknologi informasi. Siswa yang cakap dan terampil tentunya dihasilkan oleh para pendidik yang juga terampil dan selalu mengupgrade kompetensinya.

Peran teknologi dalam dunia pendidikan antara lain berkembangnya pembelajaran elektronik (e-learning), buku elektronik (e-book), kelas online, diskusi online,  memfasilitasi terbangunnya sistem tutorial bagi pendidikan jarak jauh, digital library, pembelajaran berbasis komputer. Terdapat beberapa jenis teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran seperti e-mail (surat electronic), mobile phone, kamera digital, MP3 player, website, blogging, search engine dan lain-lain. Dalam proses pembelajaran saat ini telah banyak berkembang berbagai model pembelajaran berbasis IT seperti CBT (Computer Based Test), CBI (Computer Based Instruction, Distance Learning, LCC (Learner-Centered Classroom), Teleconference dan sebagainya.


Image from freeimages.com

Namun perlu diketahui bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi  dalam pembelajaran tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hambatan akan selalu dijumpai, kendala akan selalu kita temui. Diperlukan beberapa hal  agar terwujudnya pemanfaatan TIK yang optimal, diantaranya: adanya akses internet yang memadai para untuk guru dan  siswa di sekolah,  materi belajar, dan motivasi  dari para guru untuk proaktif, memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan meningkatkan kompetensi akan penguasaan teknologi informasi agar tidak menjadi guru yang gagap teknologi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para guru untuk peningkatan kompetensi ini misalnya dengan mengikuti pelatihan, workshop, seminar yang bisa diikuti guru baik secara tatap muka maupun secara online, bergabung dengan komunitas guru-guru  yang memiliki passion yang tinggi akan IT seperti guru melek IT, guru Era Baru, guru Dahsyat dan lain lain sebagai sarana untuk saling berbagi informasi, berbagi ilmu, sehingga para guru bisa setiap saat bertambah ilmu dan mendapatkan informasi terbaru tentang metode dan media pembelajaran yang bisa diterapkan di kelasnya masing-masing. 

Urgensi  Teknologi Informasi dalam pembelajaran masa kini  adalah sebagai berikut:
1. Teknologi Informasi adalah life skill (kecakapan hidup) yang harus dikuasai di era globalisasi ini. 
2. Teknologi informasi sebagai sumber bahan ajar, referensi belajar, dan sumber informasi bagi para siswa dan guru sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat menggali informasi dari beragam sumber.

3. Teknologi Informasi memudahkan  proses pembelajaran yang dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja.

Namun  bak pisau bermata dua perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita.  Selain dampak positif seperti yang disebutkan, tentunya ada dampak negatif yang ditimbulkan,  yang sangat mengkhawatirkan dan meresahkan apabila tidak disikapi secara bijak dan berhati-hati, diantaranya, maraknya pornografi, penipuan, tindakan kekerasan, cyber crimecyber bully, dan lain lain. Dengan demikian, guru dalam menjalankan fungsinya sebagai pendidik  haruslah mengarahkan peserta didik dalam penggunaan media IT secara bijak berinternet secara sehat dalam mewaspadai dampak buruk akan ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. “ Be achiever by using technology, we must be a wise user” perlu disosialisasikan kepada para siswa di sekolah agar mereka memanfaatkan perkembangan teknologi secara baik untuk kemajuan, sebagai sumber referensi belajar, sarana memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, memperkaya  informasi yang bermanfaat sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta didik agar nantinya mampu bersaing dalam menghadapi derasnya arus globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi.



“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template