Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
- Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
- Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan
kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang,
minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat
(greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda,
binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
sedang dilakukan/berlangsung saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan
hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan
tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan
tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
- Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan
(notice), sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks naratif berbentuk
fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
|
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
- Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja
yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
- Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan
minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menangkap makna undangan pribadi dan ucapan selamat
(greeting card), sangat pendek dan sederhana.
- Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat
(greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak
tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat
ini, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
- Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis,
pendek dan sederhana.
- Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
- Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
- Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menangkap makna pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.
- Menyusun teks tulis pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan
sederhana.
- Menangkap makna
lagu.
|
0 Comments:
Post a Comment