Headlines News :
Home » , » Hindari Cyberbully dan Terapkan Etika dalam Berinternet

Hindari Cyberbully dan Terapkan Etika dalam Berinternet

Written By Demi Yurfina on Kamis, 23 Mei 2013 | 22.44

Cyberbully?? apaaan tuuh?? Kalau belum tahu baca ulasan ibu berikut ini ya..

Cyberbully merupakan aksi di mana pelaku bertindak di luar batas kepada orang lain dengan cara mengirim atau memposting materi yang dapat merusak kredibilitas, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk, dengan memanfaatkan internet atau teknologi digital lainnya sebagai medianya. Medianya bisa berupa SMS, e-mail, posting di Facebook, Twitter,  chatroom dan sebagainya, baik yang melalui komputer ataupun ponsel (ICT Watch).

ICT Watch, organisasi pemerhati aktivitas internet di Indonesia melalui Internet Sehat memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk menanggapi permasalahan Cyberbully. Penekanan pada pengetahuan pengguna internet terhadap pentingnya untuk menggunakan internet secara beretika menjadi solusi dalam upaya membasmi cyberbully.

Dikutip dari ICT Watch Internet Sehat terdapat beberapa tips untuk menghentikan kegiatan cyberbully.

Nah perlu untuk kalian ketahui, etika-etika dalam penggunaan Internet terutama sosial media, jangan kira di dunia maya yang bebas ini tak ada aturannya. Sebagai pengguna yang bijak dan menjadi pengguna Internet yang beretika adalah sebuah keharusan. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam berinteraksi di media sosial? check it out this!

1. Jangan Berbohong
Berbohong di internet akan membuat buruk citra kita, pengguna internet lain mungkin akan tidak pernah mempercayai kita lagi. Bisa saja akan ada yang melaporkan kita ke pihak berwenang karena dituduh menyebarkan berita palsu.

2. Jangan Membenci
Jangan menyebarkan kebencian di internet. Bila anda benci terhadap sesuatu jangan menuliskannya di internet. Posting tentang kebencian di internet akan menimbulkan cyberbully dan membuat kesan buruk tentang diri anda.

3. Saling Berbagi
Internet akan terasa sangat berarti bila penggunanya bisa saling berbagi terutama tentang informasi penting dan hal lainnya yang dirasa bermanfaat positif di kalangan para pengguna internet.

4. Jangan Mengutuk
Bila kita memiliki pemahaman atau pemikiran yang berbeda dengan orang lain di internet, maka tidak boleh mengutuk atau mengejeknya. Hal ini akan menyebabkan timbulnya cyberbully dan dikhawatirkan akan terjadi saling ejek di antara pengguna internet. Ada baiknya untuk menghormati semua pengguna internet dengan tetap sopan dan ramah dalam berinteraksi di dunia maya.

5. Jangan Melecehkan
Kata-kata yang tidak sopan sebenarnya sangat tabu di internet. Perbincangan tanpa bertatap muka dan mendengar suara akan sangat membingungkan. Bisa saja kita dianggap marah walaupun sebenarnya hanya bergurau. Jangan pernah melecehkan sesuatu di internet, ini akan menimbulkan kebencian dari orang lain terhadap diri kita.

6. Berbagi Informasi Akurat
Berkomunikasilah dengan berbagi informasi yang akurat. Cek dulu kebenaran suatu informasi sebelum menyebarkan kepada para pengguna internet lainnya.

7. Perbaiki Kesalahan
Jika terlanjur membuat kesalahan di internet maka meminta maaflah dengan penuh rasa penyesalan yang mendalam. Jadikan pelajaran agar kelak tidak mengulangi kesalahan lagi serta berusaha untuk lebih cermat dan bijaksana dalam menggunakan internet.

8. Perlihatkan Kasih
Jika anda menjadi korban cyberbully dengan ada orang yang mengejek anda, maka jangan membalasnya. Abaikan saja dan maafkan dia, membalasnya malah akan memperpanjang masalah. Tunjukkan citra positif di diri anda sehingga membuat orang lain sadar bahwa anda tidak pantas untuk diejek.

9. Hormati Privasi
Jangan mengumbar informasi pribadi dan hal sensitif orang lain. Hal seperti itu tidak lucu dan tidak baik serta tidak pantas untuk dibagi dengan orang lain. Banyak orang justru merasa risih saat ada orang yang sangat terbuka terhadap hal-hal pribadi.

10. Pertimbangkan Dahulu
Kampanye Think Before Posting selayaknya menjadi slogan bagi pengguna internet. Pikirkan dengan matang sebelum menulis postingan, penyesalan selalu datang belakangan. Berhati-hatilah jangan berperilaku sembarangan, bisa saja kita mendapat resiko sangat buruk yang bahkan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Selanjutnya ada tips untuk mencegah dan menghentikan  dari Cyberbully ini.

1. Jangan Merespon
Tidak perlu menanggapi perbuatan dari pelaku cyberbully. Bila merasa diabaikan mereka akan berhenti melakukannya karena merasa tidak ada yang memperhatikan. Kebanyakkan cyberbully memang hanya cari sensasi untuk meningkatkan popularitas, abaikan saja agar mereka hanya bisa gigit jari.

2. Jangan Membalas
Membalas ulah pelaku cyberbully hanya akan mendorongnya untuk membalas kembali. Diamkan saja maka ia pun akan diam. Membalasnya malah membuat anda terjerumus ikut melakukan kegiatan cyberbully.

3. Adukan Kepada Orang yang Dapat Dipercaya
Bila sudah diabaikan tetapi pelaku cyberbully masih saja berulah, laporkan ia kepada orang terdekatnya. Bisa kepada orang tuanya, keluarganya atau orang yang berwenang. Teguran dari orang terdekat akan membuatnya jera dan malu.

4. Simpan Semua Bukti
Ketika anda menjadi korban cyberbully yang cukup serius, simpan semua bukti perilakunya. Karena terjadi di dunia digital maka akan sangat mudah untuk menyimpan semua baik dalam bentuk gambar, suara dan lainnya. Barang bukti akan berguna ketika anda menyerahkan kasus cyberbully kepada pihak yang berwenang.

5. Blokir Aksi Pelaku
Pada beberapa media sosial terdapat beberapa fasilitas untuk memblokir postingan atau akun yang dirasa mengganggu. Gunakan fasilitas Report atau Hide, Unfriend dan pemblokiran lainnya. Pada media sosial berbentuk forum, antar pengguna malah bisa memberikan reputasi terhadap pengguna lainnya.

6. Selalu Berperilaku Sopan
Dunia maya dan dunia nyata memiliki kesamaan. Perilaku sopan selalu dibutuhkan bahkan untuk interaksi di internet. Kegiatan kurang sopan seperti bergurau yang keterlaluan dan membicarakan orang lain akan meningkatkan timbulnya cyberbully.

7. Jadilah Teman yang Baik
Lindungi keluarga atau teman yang menjadi korban cyberbully. Bila perlu laporkan pelaku cyberbully kepada pihak yang berwenang. Tidak baik untuk membiarkan masalah yang terus terjadi, bisa saja suatu saat masalah tersebut akan menimpa kita. Jika aksi cyberbully sudah sangat serius tidak ada salahnya untuk mengambil tindakan hukum.

Nah, sudah pada tahukan apa itu cyberbully dan bagaimana cara menghindarinya, Yuk, marilah kita menjadi pengguna yang beretika, Stop Cyberbully! 




Sumber Referensi:


Sumber gambar; Blog.cornel.edu





Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template