Headlines News :
Home » » Onno W. Purbo, Pakar Teknologi Infomasi Indonesia

Onno W. Purbo, Pakar Teknologi Infomasi Indonesia

Written By Demi Yurfina on Selasa, 30 April 2013 | 19.47

Nah, ini dia.. seorang yang berjasa dan andil untuk perkembangan Internet di Indonesia, namanya sudah tak asing lagi bagi kita.. pakar teknologi informasi ini telah banyak menelurkan karya termasuk buku-buku dengan topik seputar internet.. Selanjutnya mari kita berkenalan dengan pakar IT yang pernah menjadi dosen di ITB ini...


Guru Open source yang satu ini telah banyak menyumbangkan Ilmunya di dunia teknologi dan informasi Indonesia, mulai dari RT/RW-Net,Opensource,VoIP,network security, serta Internet serta banyak lagi yan lainnya yang berhubungan dengan dunia TI.  Kang Onno begitu panggilan akrabnya , mempunyai nama lengkap Ir.Onno Widodo Purbo, M.Eng., PhD namun dibalik gelarnya yang banyak ternyata dalam halaman Facebooknya Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962 ini lebih suka menyandang gelar ‘An Ordinary Indonesian’ yang artinya rakyat Indonesia biasa saja. Meskipun gelar dan penghargaan telah banyak didapatnya ia tetap berusaha untuk selalu rendah hati. 


Onno adalah anak tertua dari empat bersaudara, sejak lahir Ia sudah berada di lingkungan yang mencintai ilmu,ia dan ketiga saudaranya menamatkan program kesarjanaannya di ITB, ayahnya merupakan alumnus ITB yang terakhir menjabat sebagai direktur Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Ayahnya adalah orang Indonesia pertama yang berhasil menembus program beasiswa Universitas Liverpool , Inggris, salah satu Insitusi pendidikan tinggi terbaik di dunia. Ia meraih master dalam studi desain perencanaan kota, melengkapi kesarjanaannya dalam disiplin arsitektur. 

Kecintaan Kang Onno dalam teknologi sudah ada semenjak remaja terutama semenjak Ia duduk di bangku SMA, Pada tahun 2000 ia meraih Kadin Telematika Award for Indonesian Internet Figure untuk artikel pertamanya di majalah Pramuka tentang cara membuat pesawat terbang model,setelah lulus dari SMA Ia melanjutkan S1 di ITB untuk Jurusan Teknik Elektro,dan lulus dengan predikat lulusan terbaik pada saat itu,lulus dari ITB kemudian ia mengambil S2 di McMaster University, Kanada,dan gelar Master Of Engineering pun di dapat dari Universitas tersebut di tahun 1989 dalam bidang laser semikonduktor dan fiber optic. Belum puas dengan pendidikannya ia pun melanjutkan pengejaran ilmu pengetahuan, untuk bidang teknologi dengan mendaftar meraih strata 3 (S3) atau doctor di pasca sarjana Waterloo University, Kanada. Di Tahun 1993 Onn meraih gelar PhD dalam Bidang Silicon Device and integrated Circuit dari universitas tersebut. 

Onno merupakan seorang Pakar Teknologi informasi yang belajar secara otodidak,ia selalu mengungkapkan prinsipnya bahwa Nilai seseorang tidak akan ditentukan oleh banyaknya harta,banyaknya kekayaan,tingginya pangkat dan jabatan,tingginya gelar,serta banyaknya Ilmu. Nilai seseorang akan lebih ditentukan oleh berapa besar atau banyak umat manusia yang memperoleh manfaat dari orang tersebut. Ia pun sempat menjabat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sebagai dosen jurusan teknik elektro di almamaternya ITB, dalam sebelas tahun karirnya Onno hanya mampu menempati jenjang kepangkaatan III-B,dan jabatan terakhir yang diemban Onno adalah Kepala perpustakaan Pusat ITB. 

Komitmennya dalam mendidik masyarakat agar melek teknologi informasi (internet) kemudian ia salurkan dengan menjadi penulis dan berbicara dalam berbagai seminar dan workshop.Tulisannya telah banyak tersebar di berbagai media Cetak & Online, Onno dikenal juga sebagai pribadi yang tidak pelit akan ilmu pengetahuan, dalam satu sanggahannya ia mengatakan “ Mohon maaf, saya tidak percaya copyright! Saya lebih percaya copyleft, lha yang punya ilmu; yang membuat manusia aja tidak pernah meng-copyright-kan ilmunya! Saya sih copy left atau copy wrong saja, “ ungkapnya. 

Sepanjang karirnya dalam menulis, lebih dari 40 judul buku dengan topik seputar teknologi internet, Open Source, Linux, Keamanan Jaringan ,Wireless Internet dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa kita temui di jagad maya.Beberapa pemikirannya juga sudah dipublikasikan di kancah internasional antara lain tulisannya yang berjudul “ The Foundation of Cultural Change in Indonesia”, Information Technologies & International Development (ITID) dipublikasikan di majalah Journal, Vol 6, Special Edition 2010. 


Di dunia internasional , Onno juga tercatat sebagai anggota seperti Masyarakat Telematika (MASTEL) 2006 dan UNDP Asia-Pacific Development Information Programme (APDIP), 2006, atas prestasi di kancah nasional dan internasional Onno pun banyak mendapat penghargaan di dalam negeri maupun luar negeri antara lain: Anugerah "Tasrif Award" dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada tahun 2010; Anugerah "Competency Award 2009" dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pada tahun 2009; Gelar "Pahlawan Generasi Masa Kini" dari Modernisator, 2008; Menerima "IGOS Summit 2 Award", pada tahun 2008 dari Menkominfo atas semangat dan perjuangan menyebarluaskan pemanfaatan Open Source di Indonesia; dan Ashoka Senior Fellow, dari Ashoka Amerika Serikat, 2005.

Share this article :

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template