Headlines News :
Home » , , » Let's Speak English!!

Let's Speak English!!

Written By Demi Yurfina on Senin, 24 September 2012 | 18.42

Good Morning everybody.. How are you doing?? I hope everything okay..:)

Baiklah, postingan saya pagi ini adalah tips-tips bagaimana meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, terutama kemampuan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional ini. Tidak mudah memang, pengalaman saya dulu.. saya belajar Bahasa Inggris dari SMP kelas 1, namun kemampuan komunikasi saya begitu-begitu saja. Mengikuti pelajaran Bahasa Inggris disekolah dan juga mengambil kursus di sebuah lembaga pendidikan hanya mampu mendongkrak nilai saya di raport, namun untuk berkomunikasi rasanya tidak begitu. Saya masih takut dan malu menggunakan bahasa inggris itu, terutama disebabkan karena tidak siap jika ada kesalahan..dapat dikatakan mental saya tidaklah siap waktu itu, apalagi dengan pendapat sebagian teman-teman yang akan beropini kalau kita "sok" atau show off.. padahal niat kita hanyalah ingin improve skill kita..Materi pelajaran Bahasa Inggris yang terlalu mengedepankan struktur dan tata bahasa, belum lagi guru yang mengajarkan selama ini, kurang aktif dalam melibatkan siswa berkomunikasi bahasa inggris akan membuat kemampuan kita tidak bertambah, meskipun sebenarnya kita paham grammar, memiliki vocabulary yang memadai namun tetap saja mau bicara, ber cas cis cus itu rasanya masih 'gagu'... 


Nah... yang paling penting adalah kita harus siapkan mental terlebih dahulu.. meskipun apa yang kita ucapkan terkadang salah atau belum sesuai dengan struktur yang benar.. kuncinya, as long as orang paham dengan apa yang kamu ucapkan, go on aja.. namun lambat laun semua dapat diatasi yang penting mental kita sudah siap, tidak malu jika salah, kalau orang tertawa ya cuekin ajalah, hehee.... Kemampuan saya sedikit meningkat ketika saya bergabung di sebuah les pada waktu kelas 3 SMK, saya ambil conversation class.. kalau disini kita emang benar-benar dilibatkan aktif, mulai dari pengajar yang menggunakan full English selama belajar hingga kita harus selalu siapkan materi untuk persentasi dalam bahasa Inggris, dan di lembaga ini juga kami lansung di fasilitasi untuk berbicara dengan native speaker dan langsung practise dengan mengunjungi beberapa tempat di kota wisata Bukittinggi, kami menyiapkan buku berupa daftar bule yang udah kami ajak bicara berikut dokumentasinya.. mengasyikkan dan menyenangkan juga waktu itu..selain bisa jalan-jalan menikmati indah dan sejuknya Bukittingi, juga dapat pengalaman berkomunikasi lansung dengan orang asing yang berkunjung ke kota wisata itu.. Nah..sekian dulu cerita saya, selanjunya ada tips-tips bagi kamu agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Yang ini saya ambil dari sebuah website.... 

Salah satu masalah utama dalam pembelajaran mengenai bahasa Inggris adalah kemampuan berbicara yakni pengucapan yang seringkali berbeda dari kata-kata tertulis. Ada beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan lisan mengenai bahasa Inggris: 

1. Temukan motivasi 

Dalam setiap aktivitas, motivasi memainkan peranan yang sangat penting untuk membangkitkan minat. Jika minat sudah tumbuh, akan muncul kesungguhan untuk bekerja. Demikian pula dengan berbahasa Inggris. Kamu perlu menemukan dorongan yang membuatmu bersemangat mempelajarinya. Ini dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, “Apa manfaatnya bagiku?” Ya, untuk apa kamu bisa bicara bahasa Inggris? Dan apa konsekuensinya jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris? Jawab pertanyaan ini dengan memakai kaca mata besar. Perhatikan sekelilingmu. Lingkungan, pendidikan, pekerjaan, dunia dan segala perkembangannya. Lalu, ingat kembali target dan cita-cita yang ingin kalian capai beberapa tahun ke depan. Tanyakan pada dirimu, apakah target dan cita-cita itu akan lebih mudah dicapai bila mampu berbahasa Inggris?

2. Stop dreaming, start action
Kalimat di atas saya temukan di salah satu blog internet. Sangat banyak orang yang punya impian untuk bisa bicara bahasa Inggris. Itu sebabnya tempat-tempat kursus bahasa Inggris semakin banyak muncul menawarkan berbagai macam metode. Lain lagi yang mencoba lewat jalur private, club, mailist, dan sebagainya. Benar bahwa impian merupakan awal yang sangat baik. Namun, impian perlu diwujudkan dengan action. Dan action yang diperlukan adalah berbicara bahasa Inggris. Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kecuali bicara bahasa Inggris. Kunci cepat bisa bahasa Inggris adalah cerewet, kata seorang teman. Artinya, harus banyak ngomong dan aktif bicara. Dimana saja dan kapan saja, jangan lewatkan kesempatan untuk praktik. Manfaatkan orang-orang di sekitarmu yang punya kemampuan bahasa Inggris untuk membantu. Bicaralah bahasa Inggris dengan mereka. Jika mungkin, buat kelompok diskusi. Jangan pikirkan pendapat orang lain yang dapat melemahkanmu. Gangguan-gangguan seperti itu akan hilang dalam beberapa hari saja. Semakin sering Anda bicara bahasa Inggris, semakin banyak kosa kata yang Anda dapat. Ini akan membuat Anda semakin percaya diri, dan semangat Anda akan semakin menggebu-gebu. Terlebih lagi di zaman sekarang ini. Kamu bisa menggunakan alat-alat modern untuk membantu praktik berbahasa Inggris. Handphone dan internet adalah benda-benda ‘ajaib’ yang selalu siap membantumu. Kamu tetap bisa menghubungi teman-teman atau saudara yang bisa berbahasa Inggris meskipun jaraknya sangat jauh. Bicara dengan native speaker akan membantu meningkatkan sensitivitas kemampuan mendengar (listening skill). Pertama-tama mungkin akan ada kesulitan mengerti pelafalan sang native speaker. Namun lama kelamaan kamu akan menjadi terbiasa sehingga dapat mengerti pembicaraan mereka dengan mudah. Praktik seperti ini juga akan sangat bermanfaat untuk menambah kosa kata yang kamu miliki. Kamu akan banyak mengetahui kosa kata baru yang biasa digunakan di negara asal bahasa tersebut. Tak tekecuali bahasa-bahasa slank yang mungkin sering kita lihat dan dengar di film-film. Jika kamu kesulitan mengartikannya, jangan malu menanyakan sinonimnya. Dengan begitu, kosa kata akan bertambah banyak. Selain itu, dengan fasilitas internet, Kamu bisa chatting dengan orang di seantero dunia. Carilah chatters yang bisa bahasa Inggris. Bisa native speakers, bisa orang asing bukan penutur asli yang berbahasa Inggris, bisa juga orang lokal yang bisa bahasa Inggris. Tidak peduli dari mana asalnya, yang penting kamu bisa berkomunikasi dengan mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa membawa kamus pada saat melakukan chatting. Atau bisa juga menggunakan ‘mbah google’ untuk menerjemahkan kata yang kamu sendiri tidak mengerti.

3. Jangan takut salah
Pernahkah kamu mengurungkan niat untuk bicara bahasa Inggris karena takut salah? Jika pernah, sekarang waktunya kamu harus mengikis habis perasaan itu. Hilangkan rasa khawatir melakukan kesalahan grammar. Hilangkan rasa takut menggunakan kosa kata yang tidak tepat. Hilangkan rasa malu melafalkan kata dengan logat daerah. Hilangkan keragu-raguan terhadap kemampuan yang Anda miliki. Kecemasan hanya akan menghalangi kemajuanmu. Tidak akan ada yang menghukummu ketika membuat kesalahan dalam pola kalimat (grammar), pengucapan (pronounciation) atau pemilihan kata (vocabulary). Justru sebaliknya, tentor akan dengan senang hati memperbaiki kesalahan tersebut. (Tentor yang penulis maksud adalah semua orang yang kamu ajak praktik bahasa Inggris). Lagi-lagi kamu akan diuntungkan karena makin banyak ilmu yang mereka berikan. Ini akan membuatmu semakin banyak tahu dan mengerti. Perhatikan pula bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa yang begitu tinggi sehingga membuat kamu perlu merasa tidak percaya diri menggunakannya. Sama dengan bahasa daerah, bahasa Inggris hanyalah satu jenis dari jutaan bahasa yang ada di dunia. Ketika kamu mencoba praktik berbahasa Inggris, kamu samakan saja kedudukannya dengan bahasa daerah lain. Jika kamu tidak malu pada waktu salah bicara dalam bahasa Jawa, misalnya, begitu juga seharusnya dengan bahasa Inggris. Teruskan saja berbahasa Inggris tanpa terpengaruh dengan jumlah kesalahan yang kamu lakukan. Nanti akan tampak hasilnya. Dari waktu ke waktu, kesalahan yang mungkin terjadi akan semakin berkurang.

4. Say it in English
Prinsip ini mengajarkan agar menggunakan bahasa Inggris untuk setiap kata yang kamu tahu. Mulailah dari hal yang paling sederhana dan paling dekat denganmu. Misalnya ada seorang anak kecil di dekatmu, katakan saja “a boy”. Jika kamu kemudian berpikir apa yang dilakukan anak kecil itu, langsung saja katakan “what the boy do?” Oh, ternyata dia sedang main kelereng. Kalau ini apa bahasa Inggrisnya? “Oh, he play kelereng.” Apa ya bahasa Inggris kelereng? “Nanti saja cari di kamus atau search di internet”. Kalau yang ini apa bahasa Inggrisnya? “Later cari in kamus or search in internet”. Sekarang kata yang harus dicari jadi 3, yaitu kelereng, cari dan kamus. Dengan bantuan kamus atau internet, tak lama kemudian kamu akan memperoleh 3 kosa kata baru. Ternyata bahasa Inggris kelereng itu ‘marble’, cari itu ‘find’ dan kamus itu ‘dictionary’. Kalau begitu kalimat tadi menjadi “Oh, he play marble.” Dan “later find in dictionary or search in internet.” Jadi, apapun yang ingin kamu ucapkan, cobalah dalam bahasa Inggris. Jangan takut salah, dan jangan malu kalau masih campur-campur. Ini adalah proses untuk mencapai tujuan. Teruskan saja. Teruskan saja? Just continue. Wah, saya sudah bisa nih. Wow, I can. Sekarang saya mau praktik, ah. Now I want to practice. Tapi sama siapa ya? But with whom? O ya, saya kan punya saudara di Australia. O yes, I have saudara in Australia. Bahasa inggris Saudara apa ya? Cari lagi di kamus. Ternyata saudara itu relative. Saya mau telpon sekarang ah. I will call him now. Jika sudah mempunyai niat seperti itu, segera lakukan. Ajak seseorang bicara bahasa Inggris, baik langsung, lewat telepon atau internet. Jangan tunda, meskipun hanya sekadar menyapa. Lain waktu bisa dilanjutkan. Jadi, tunggu apa lagi? Speaking English? Siapa takut !!! 

Source: Speaking English?? Siapa takut!!! 

ditulis oleh. Nani Rahmani, SS., MSI available in http://www.bppk.depkeu.go.id..


Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan saya juga yang masih dalam proses meningkatkan kemampuan sepaking saya...
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template