Headlines News :
Home » » About Mark Zucherberg

About Mark Zucherberg

Written By Demi Yurfina on Jumat, 28 Oktober 2011 | 21.16

Siapa yang tidak kenal dengan facebook?? saat ini facebook adalah jejaring sosial yang memiliki pengguna terbesar, bisa katakan raja penguasanya jejaring sosial , 750 juta pengguna, wow luar biasa...namun siapakah yang berada dibalik kesuksesan jejaring sosial ini?? Berikut ini saya ulas tentangnya dari sebuah situs.. Selamat Membaca!

Mark Elliot Zuckerberg lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York.Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi - ¬psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu¬tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membelikannya komputer sejak ia beru¬sia delapan tahun. Saat di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, ia dan rekannya, D'Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp.


Mereka membuat plug-in untuk menghimpun kesukaan orang terhadap aneka jenis lagu dan kemudian membuat play¬list-nya sesuai selera mereka. Zuckerberg dan D'Angelo mengirimkan program itu ke berbagai perusahaan termasuk ke American Online dan Microsoft. Pada tahun terakhimya di Phillips ia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.

Keduanya berpisah saat melanjutkan ke perguruan tinggi, D'Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard, karena universitasnya tak membagikan buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu atau dikenal dengan istilah face book membuat Zuckerberg menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa online pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun Universitas Harvard selalu menolaknya.

Karena demikian kuat untuk mewujudkan keinginannya maka ia akhirnya membuat CourseMatch (www.coursematch.com)sebagai proyek pertamanya dimana dalam situs tersebut memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain. Hingga pada suatu malam di tahun kedua ia kuliah, Zuckerberg berhasil "mengambil" data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia beri nama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Dalam website tersebut Zuckerberg meminta pengun¬jungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling "hot". Dalam tempo hitungan jam semenjak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Akibat dari ulah Zuckerberg pihak Harvard memutus sambungan internet dan Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data, pendiri facebook ini pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash.

Bukannya kapok atas teguran dari Harvard Zuckerberg malah membuat website www.thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard pada tanggal 4 Februari 2004.
Setelah kepindahan Zuckerberg ke Palo Alto , California , dengan Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor pertama mereka selama musim panas tahun 2004. Selama musim panas itu, Zuckerberg bertemu Peter Thiel. Menurut Zuckerberg, kelompok itu berencana kembali ke Harvard di musim gugur tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California.


Pada tanggal 24 Mei 2007, Zuckerberg mengumumkan platform Facebook, sebuah pengembangan platform untuk programmer sebagai aplikasi sosial dalam Facebook. Pengumuman membuat banyak aplikasi yang telah dibangun dan memiliki jutaan pengguna hanya dalam beberapa minggu saja. Ada lebih dari 800.000 pengembang di seluruh dunia yang membangun aplikasi Platform Facebook hingga saat ini.

Karena semakin banyaknya pengguna dan pelanggan facebook akhirnya mereka menjual saham dan mendapatkan dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000. Kemudian menggandeng Accel Part-ners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya. Modal yang ditanamkan adalah US$ 12,7 juta. Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan meng-ganti domain-nya dari www.thefacebook.com menjadi www.facebook.com pada Agustus 2005. Setelah itu jangkauan keanggotaannya diperluas menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah anggotanya sudah mencapai 5,5 juta.

Melihat perkembangan yang sangat pesat tersebut membuat banyak perusahaan raksasa yang ingin menanam saham pada situs jejaring sosial tersebut, seperti microsoft yang menawarkan membeli 5% saham senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai itu disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook sudah mencapai US$ 6 miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun hingga Rp 90 triliun. Namun Microsoft akhirnya mengumumkan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. Transaksi ini menunjukkan nilai kapitalisasi Facebook ternyata lebih tinggi yaitu sekitar US$ 15 miliar (sekitar US$ 135 triliun).

Melesatnya bisnis Facebook membuat Zackerberg menampuk kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zackerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun. Jangankan untuk anak seusia Zackerberg, untuk orang dewasa pun harta sebanyak itu tentu jumlah yang luar biasa besar. Maka wajar jika majalah itu menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made' Billionaire on the Planet.

sumber: http://kurtdoniecobain.blogspot.com
Share this article :

2 komentar:

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template