Headlines News :
Home » » Tips Bergaul Aman di Internet bagi Remaja

Tips Bergaul Aman di Internet bagi Remaja

Written By Demi Yurfina on Rabu, 06 Juli 2011 | 16.17



Dear Students…

Pada saat sekarang ini berinternet merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Dengan banyaknya layanan yang disediakan di internet untuk kemudahan-kemudahan tersebut maka tidak dapat dipungkiri lagi internet adalah sebuah kebutuhan tidak terkecuali bagi para pelajar dalam mendapatkan sumber informasi. Mungkin sangat berbeda dengan pada saat saya bersekolah dulu, sumber informasi hanya didapatkan dari penjelasan guru di kelas atau dari buku pelajaran. Namun saat ini dengan banyak tersedianya situs-situs di internet yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tersebut mau tidak mau, suka tidak suka kita juga harus mempelajari. Kalau tidak kita akan dicap “gaptek” atau “katrok” atau mungkin ada istilah lainnya.

Berinternet ibaratkan ‘pisau bermata dua’… kenapa dikatakan demikian? Disatu sisi internet memberikan manfaat, banyak kemudahan yang kita dapatkan sebagai pengguna, seperti kemudahan berkomunikasi, kemudahan mengakses informasi dan sebagainya. Namun disisi lain ada dampak negative yang akan timbul apabila kita tidak berhati-hati , tidak bijak dalam memilih aplikasi yang akan kita gunakan. Terlebih bagi kalangan anak muda, usia remaja.. siswa SMP maupun yang sudah duduk di bangku SMU.. pada masa ini adalah masa-masa yang penuh gejolak, usia labil, belum memiliki pendirian yang tetap, masih suka terpengaruh ajakan teman yang dapat mengancam kelanjutan masa depan kalian… Akan selalu ada bahaya mengancam yang dapat setiap saat terjadi apabila kalian tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

So… berikut ini ada beberapa tips berinternet sehat yang saya dapatkan dari sebuah situs internet yang bisa kalian jadikan referensi dalam penggunaan internet secara bijak… Oke students… gaptek no way... tapi menjadi maju dan bijak “harus itu”…. Selamat membaca!!

1.Ingatlah, meskipun kejujuran adalah segalanya, tidak semua orang di Internet melakukan hal tersebut. Jadi, ketika sedang menggunakan internet atau chatting, berhati-hatilah. Karena kita tidak akan pernah tahu ketika ada orang yang mengaku a/s/l (age/sex/location) – nya adalah “19/f/jkt” (baca: umur 19 tahun, female/perempuan, berlokasi di Jakarta) dan bersekolah atau berkuliah di suatu tempat, sebenarnya adalah “40/m/anywhere” dan pengangguran, alias sama sekali bukan orang yang kita bayangkan atau kita imajinasikan.

2.Janganlah mudah terpengaruh dengan data-data pribadi orang lain di internet yang menarik perhatianmu. Di internet banyak sekali orang iseng yang berpura-pura menjadi orang lain, entah menjadi lebih muda/tua ataupun mengaku perempuan/lelaki hanya untuk bercanda dan menjahili orang lain, hingga untuk menjebak atau membuat malu orang lain. Waspadalah dengan siapapun yang ingin tahu terlalu banyak.

3. Tidak ada satu pun aturan di dunia yang mengharuskan kamu untuk bercerita jujur tentang jati diri kepada orang lain di internet. Simpanlah baik-baik informasi tentang nama, usia, alamat rumah, alamat sekolah dan nomor telepon. Jangan pedulikan permintaan dari orang yang baru dikenal di Internet. Percayakan pada instingmu, jika seseorang membuatmu tidak nyaman, tinggalkan saja.

4.Curahkan perasaanmu pada sahabatmu. Jika kamu berencana bertemu dengan seseorang yang kamu kenal di internet, ajaklah sahabatmu atau orang yang kamu percaya untuk menemani.

5.Pastikan agar sahabatmu di dunia nyata mengetahui apa yang tengah kamu pikirkan atau lakukan. Bahkan jika ada masalah, baik terhadap keluarga, sekolah teman, ceritakanlah pada sahabat atau orang yang kamu percaya di kehidupan nyata, bukan yang hanya kamu kenal di Internet. Bercerita kepada sahabatmu di kehidupan nyata jauh lebih baik dan lebih terpercaya daripada seseorang asing yang kamu kenal di sebuah chat room.

6.Jika kamu menerima kiriman e-mail, file ataupun gambar-gambar yang isinya mencurigakan dari seseorang yang tidak dikenal dan kamu tidak percaya, langsung hapus saja kiriman-kiriman tersebut. Perlakukan kiriman tersebut seperti layaknya sebuah e-mail sampah. Kamu bisa mendapatkan rugi yang besar hanya gara-gara mempercayai seseorang yang sama sekali belum pernah ditemui atau kenali.

7.Hal tersebut juga berlaku pada link atau URL yang tampak mencurigakan. Janganlah kamu meng-klik apapun yang tidak kamu yakini sumbernya dan keamanannya, walaupun dengan alasan sekedar ingin mencari jawab atas rasa keingin-tahuanmu.

8.Jauhi chat room atau mailing-list yang isinya provokatif ataupun berisi hal-hal negatif lainnya. Jangan mudah terperdaya rayuan-rayuan seseorang di internet yang mencoba mempengaruhi kamu agar menjadikannya seorang teman sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari.

9.Jangan pula mudah terpancing dengan provokasi seseorang yang memanas-manasi kamu untuk bertengkar di internet.

sumber : VIVANEWS, 9 Februari 2010
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template