Headlines News :
Home » , » Internet Relay Chat (IRC)

Internet Relay Chat (IRC)

Written By Demi Yurfina on Sabtu, 12 Februari 2011 | 21.28

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

Sejarah IRC
IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.
Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

Bagian-bagian IRC
Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet. Server-server tersebut yang menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama. Client-client yang direkomendasikan:
1. UNIX/Shell: ircII
2. Windows: mIRC or PIRCH
3. Macintosh: Ircle

Channel-channel dalam IRC dikelola oleh "channel operator",atau "ops". Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Mereka dapat "memilih" siapa saja yang bisa join di channel tersebut, siapa yang berhak berbicara (dengan membuat channel tersebut "moderated") dan juga menolak (dengan mem-"ban" beberapa pemain) Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-"unban").
IRC server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops"). IRCops tidak turut campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".

Menggunakan IRC
Saat kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the Day (Pesan Hari Ini) atau MOTD yang berisi informasi tentang situs dan lalu lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk menyebutkan nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas.
Bila telah log in pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan saluran aktif yang bernama #chatzone. Semua saluran atau channel IRC diawali tanda (#) ada juga dengan tanda (&). Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel. Semua perintah IRC dimulai dengan garis miring (/). Misalnya untuk mengetahui daftar saluran yang sedang digunakan pada saat yang bersangkutan dan jumlah orang yang bercakap-cakap, ketik perintah “/list”. Untuk turut serta dalam percakapan di Internet ini, tinggal beri perintah ”/join” diikuti tanda #(nama saluran). Jika pengguna telah memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Semua perintah-perintah dasar IRC berlaku untuk semua client-client.

Beberapa perintah dasar IRC
•/Bye untuk keluar dari channel dan program IRC
•/Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC
•/Ignore diikuti alamat email atau nama julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna individu tersebut.
•/Msg untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya lalu isi pesan
•/Names untuk menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut.
•/Nick untuk mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya
•/Whois diikuti nama julukan, akan menunjukkan informasi mengenai pengguna tersebut.

source: wikipedia.org
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template