Headlines News :
Home » , » Email& Jenis-jenis Email

Email& Jenis-jenis Email

Written By Demi Yurfina on Kamis, 20 Januari 2011 | 06.28





Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat.

Macam-macam Email :
a. POP Mail
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah e-mail mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang harus melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Sebuah e-mail akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau e-mail server, sebelum akhirnya tiba pada e-mail server yang ada pada ISP di mana alamat e-mail kita terdaftar.
E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang connect dari rumah dan kantor). Contohya apabila kita menggunakan jasa ISP Indo.net maka akan mendapatkan satu atau lebih layanan internet.

Keuntungan:
1.Lebih cepat untuk mengirim beberapa e-mail sekaligus
2.Dapat mengunakan server e-mail dari ISP (provider) untuk mengirim
3.Tidak perlu dikejar waktu untuk membalas e-mail karena dapat mengetik e-mail dengan offline dan baru dikirim.
Kerugian:
1.Harus mendownload e-mail dahulu selama online
2.Diharuskan mensetting pada program e-mail tersendiri seperti Eudora, Netscape e-mail, Microsoft Outlook
3.Diharuskan untuk men-setup program e-mail dari dan kemanae-mail tersebut di kirim.

b. E-mail Forwarding
E-mail Forwarding adalah nama e-mail netter yang di forward atau dipindahkan. Netter cukup meminta sebuah nama e-mail dan meminta ISP tersebut untuk memindahkan ke e-mail lain. e-mail Forwarding berfungsi mengalihkan (mengirim kembali) sebuah nama e-mail lain dan server akan mengirimkan ke e-mail lain yang sudah ditentukan sewaktu meregistrasi. Forward e-mail tidak mengijinkan sebuah nama e-mail yang bouncing atau berpindah dengan nama yang sama. Bila ini dilakukan, e-mail forward akan menghapus e-mail Forwarding tersebut.
E-mail jenis ini akan terasa manfaatnya apabila kita yang belum menemukan layanan e-mail yang cocok atau suka ganti-ganti e-mail. Pada dasarnya ini merupakan e-mail yang dikirim kepadanya ke account kita yang lain.

Keuntungan:
1.Berfungsi mengirim sebuah nama e-mail ke nama e-mail lain
2.Dapat berganti-ganti (forward) ke server / nama e-mail lain
Kerugian:
1.Bertujuan hanya memindahkan e-mail
2.Attachment file biasanya dibatasi.

c. Web Based E-mail
Web-based e-mail, atau e-mail berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa e-mail kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account e-mail sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke e-mail server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan e-mail pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account e-mail yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account e-mail dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa e-mail gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan mengecek apakah ada e-mail yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa e-mail semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan e-mail client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dan lain-lain.

Keuntungan:
1.Real time
2.Sangat mudah digunakan
3.Tidak perlu mendownload e-mail dan langsung dilakukan selama online
Kerugian:
1.Mengirim dan membuka e-mail harus dilakukan selama online
2.Harus dibuka satu persatu pada e-mail
3.Membalas e-mail juga harus selama online.




Etika Menggunakan Email :

Dalam menggunakan e-mail, terkadang kita harus mengikuti etika yang ada agar e-mail kita bisa terkirim ke penerima. Untuk itu, ada beberapa etika yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail :

- Tidak menulis email menggunakan huruf besar semua. Email yang keseluruhan pesannya ditulis dengan huruf besar dapat dipersepsikan sebagai berteriak atau marah.
- Biasakan untuk menulis judul (Subject) dengan jelas dan sesuai dengan isi pesan.
- Jangan sekali-kali mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang sekaligus (untuk promosi misalnya). Ini beresiko alamat email anda dimasukkan daftar hitam sebagai perngirim junk-email (email sampah).
- Untuk pesan ke orang yang tidak begitu anda kenal, pakailah bahasa yang sopan. Terlebih bila anda tidak mengetahui usia atau posisi orang yang kirim.
- Mempertimbangkan dengan baik-baik apa yang ditulis.
- Tidak melampirkan file apapun pada emil sebelum ada kesediaan dari calon penerima email.
- Biasakan menggunakan email dengan format plain text.
- Bila ingin memberitahu keberadaan sebuah website yang menarik pada orang lain, jangan memuat seluruh isi website itu. Cukup tulis saja alamatnya.
- Jangan membicarakan orang lain atau pihak lain, apalagi kejelekannya.
- Jangan gunakan CC (Carbon Copy). Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamt emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEMI YURFINA'S BLOG - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template